Building Forensic/Structural Assessment

Mengungkap Jejak Masa Lalu Bangunan dengan Analisis Mendalam untuk Menemukan Solusi yang Tepat, Memulihkan Kualitas, dan Meningkatkan Keamanan bagi Bangunan yang Abadi.

Definisi

Structural Assessment mengacu pada evaluasi dan analisis integritas struktural, kestabilan, dan keselamatan dari gedung, jembatan, infrastruktur, atau sistem konstruksi lainnya. 

Tujuan dari assessment struktural adalah untuk menentukan apakah struktur tersebut dapat menahan beban yang ditujukan dan berfungsi sesuai dengan desainnya tanpa mengalami deformasi berlebih, kegagalan, atau runtuh. Selain itu juga dapat bertujuan untuk expansi/pengembangan dari bangunan/ struktur eksisting.

Lingkup jasa layanan Building Forensic/ Structural Assessment meliputi:

Visual Inspection

Visual Inspection dimaksudkan untuk mengetahui jenis, tingkat kerusakan, kuantitas kerusakan dan penyebab kerusakan yang terjadi pada elemen gedung. Keluaran dari pemeriksaan detail secara visual ini merupakan Nilai Kondisi (NK) dari setiap gedung.

Destructive Test

Destructive testing (pengujian merusak) adalah metode pengujian yang melibatkan merusak atau menghancurkan bahan atau produk untuk memahami kualitas dan karakteristiknya. Contohnya seperti melakukan coring pada struktur beton untuk dijadikan sampel tes kuat tekan di lab.

Non Destructive Test

Non-Destructive Testing (NDT) adalah metode pengujian tanpa merusak bahan atau produk. Ini mencakup teknik seperti ultrasonik, radiografi, partikel magnetik, dan lainnya untuk mendeteksi cacat atau ketidaksempurnaan tanpa mengganggu struktur. Material yang di tes yaitu baja dan beton.

Analisis Kapasitas Struktur Existing, Simulasi Penambahan Beban Baru

Selanjutnya dilakukan analisis ulang kekuatan struktur existing dengan spesifikasi sesuai uji tes. Setelah itu disimulasikan penambahan beban apabila untuk kebutuhan pengembangan bangunan. Sehingga diketahui kondisi struktur secara kekuatannya. 

Analisa Perkuatan Struktur dan Rekomenadasi

Item ini merupakan tahap akhir dari pekerjaan structural assessment.

Jika terdapat kekurangan, assessment dapat mencakup rekomendasi untuk perbaikan struktural atau langkah perkuatan melalui proses analisis untuk meningkatkan keselamatan dan kinerja struktur. 

Kesimpulan

Building Forensic menjadi sebuah alat penting dalam memahami jejak masa lalu bangunan dan mengungkap masalah tersembunyi. Dengan analisis mendalam dan solusi yang tepat, pendekatan ini memungkinkan pemulihan kualitas dan keamanan, serta memastikan bahwa bangunan dapat bertahan dan berfungsi dengan baik untuk masa depan yang lebih jauh. 

Building Forensic memberikan perlindungan yang tak ternilai bagi bangunan yang abadi, menjadikannya lebih tahan lama dan andal dalam menghadapi tantangan zaman.